Kamis, Mei 28, 2015

PERJALANAN MENYUSURI SUNGAI MUSI ( SUMBAGSEL )



Suatu hari dalam penugasan saya di Palembang, ada tamu dari salah satu Perusahaan  di Jakarta, didampingi oleh orang Asing, yang belakangan saya tahu berasal dari Kota New York (USA).
Mereka meminta bantuan pada kami untuk me-review hasil Film RT dalam rangka untuk recruitment karyawan (Welder), untuk mencari perbandingan hasil RT nya.

 
Perjalanan yang pertama

Selanjutnya orang asing tersebut bertanya banyak hal mengenai Perusahaan tempat saya bekerja. Banyak hal yang saya sampaikan, termasuk memberikan Company Profile Perusahaan. Membuat dia terkesima dan bertanya “ The fact you have the NDE Lab located in Palembang, 40 years in the business, and the largest NDE Company in Indonesia, makes me wonder why your Company has not been considered for Our Project ??”
Lalu sesuai dengan kesepakatan, saya mengirim email perkenalan ke dia mengenai kebutuhan akan pekerjaan di project mereka, tak lupa juga saya attach Company Profile – soft copy nya. Gayungpun bersambut, setelah disepakati waktunya, kamipun  melakukan kunjungan ke Lokasi project mereka di tanggal 05/05/2015 untuk presentasi dan memperkenalkan Perusahaan kami dengan line of business nya dihadapan para orang asing, yang mayoritas dari USA. Dengan menggunakan transportasi Speed Boat, perjalanan  lebih dari 1,5 jam menyusuri Sungai Musi lalu ke sungai Baung (Sumbagsel), akhirnya kami sampai di lokasi mereka, dijemput dengan Bus yang mewah, sungguh, ini benar-benar di hutan…… tapi dengan fasilitas yang layak. Nampak dikejauhan, Masjid sedang dibangun, dan ada musholla juga.
Setelah selesai melakukan presentasi di kantor mereka, yang katanya pembangunan nya baru sekitar 30%, dan memakan biaya sekitar 34 Trilyun, kami diajak keliling ke lokasi project raksasa mereka, yang sangat luas dan besar. Mereka begitu respect pada kami, dan meminta kami untuk melakukan presentasi kembali sekaligus demonstrasi alat yang mereka butuhkan.


Minggu berikutnya (Tanggal 12/05/2015), sesuai kesepakatan, kami melakukan kunjungan dan perjalanan kembali ke lokasi mereka (one day trip). Sangat melelahkan ditambah cuaca yang sangat ekstrem teriknya, sehingga debu berterbangan dengan liarnya….. Tetapi membuat kami cukup senang. Kalaupun saat ini kami tidak berhasil mendapatkan project nya, tetapi minimal kami sudah berupaya dan membuat mereka begitu respect terhadap kinerja, presentasi dan demontrasi alat kita yang tidak hanya di ruang meeting, tetapi juga dilapangan. Dan semuanya no-charge.
Harapan saya ( sambil menunggu pekerjaan ini di Tender kan ), selama kita berusaha dengan baik, pasti akan ada jalan. Semoga…. Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar